STAIDA Muhammadiyah Garut lahir atas dasar rintisan dan prakasa Pimpinan Cabang Muhammadiyah  (PCM) Garut Kota periode 1995-2000 yang diketuai oleh Moh. Syahid, BA (alm) dengan personalia harian PCM Garut Kota iala : Drs. H. Sofwy Irfan, KH. Suryaman Iskandar (alm), Drs. H. Ahmad Rohendi M.Si, KH. Ade Holidin, Drs. Ayi Abdul Fatah (Alm), Drs. Kuswana Tajudin, H. Obin Syarbini, MD. Sopendi. OS, KH. Ijan Warsijan AM. Pd., Drs. Aam Muharam, dan Drs. Deden Sobar (Alm).

Pendirian perguruan tinggi Muhammadiyah di Garut Kota menjadi agenda penting sehingga PCM Garut Kota menetapkan pendirian perguruan tinggi tersebut menjadi program unggulan. Program unggulan PCM Garut Kota ini mendapatkan sambuatan baik warga Muhammadiyah khususnya dn masyarakat Garut pada umunya, terlebih mendapatkan restu dari KH. Misykun Asy. (almarhum) yang pada saat itu menjabat sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut juga dukungan dari unsur Pimpinan Cabang Muhammadiyah dan Pimpinan Cabang Aisyiah Garut Kota, Unsur Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM), anggota, keluarga besar dan simpatisan Muhammadiyah.

Program ungulan tersebut ternyata  sejalan dengan visi dan misi Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut terutama dari Pusat Pengkajian Islam dan Kemasyarakatan (PPIK) Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut yang diketuai oleh Drs. Hermawan, M.Ag.

Pada tanggal 21 Januari 2000, PCM Garut Kota mengadakan rapat pleno lengkap yang dihadiri oleh pengurus PPIK, membahas tentang pembentukan Badan Pendiri Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arqam (STAIDA) Muhammadiyah Garut dan menghasilkan keputusan untuk memberi mandat penuh kepada Drs. H. Ahmad Rohendi, M.Si, selaku Wakil Ketua III PCM Garut Kota Koordiantor Bidang Dikdasmen, PK, dan PKS, untuk merancang dan menyusun personal badan pendiri tersebut, maka dengan  semangat  dan niat yang  tulus  ikhlas  terbentuklah “Badan Pendiri Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Arqam (STAIDA) Muhammadiyah Garut “, dengan   susunan  pengurusnya  sebagai   berikut:  Drs. H. Ahmad Rohendi, M.Si., Drs. Hermawan, M.Ag., Drs. H. Iyet Mulyana,  Drs. Yadi Janwari, M.Ag., Asep Burhanuddin, S.Ag., Drs. Lutfi Asy’ari, M.Pd., Drs. Aam Muharam, Drs. Agus Yusuf, Drs. Kuswana Tajudin, Cecep S. Mubarok, S.Ag., Drs. Fadhil Suharto, dan Abdurachman Rasyid.

Atas berkah dan rahmat Allah SWT, pada hari Jum’at tanggal, 06 Rabiul Awal 1421 H bertepatan dengan tanggal 09 Juni 2000 M bertempat di Aula Muhammadiyah Cabang  Garut Kota Jl. Gunung Payung Lio No. 23  dengan   dihadiri   oleh   Bapak H. Dede Satibi Bupati Kabupaten Garut (1999-2004) berserta jajarannya dan para Pimpinan Pusat Muhammadiyah  Majelis  DIKTI,  maka  STAIDA  Muhammadiyah   Garut  sebagai perguruan tinggi agama Islam dibuka, diresmikan, dan ditandatangani oleh ketua MPR RI. Prof. Dr. H. Muhammad Amin Rais, M.A., serta titimangsa peresmiannya diabadikan dalam prasasti.

STAIDA Muhammadiyah Garut pada awal berdiri membuka program studi  tarbiyah dan dakwah, antara lain:

  1. Pendidikan Agama Islam ( S-I ) :
  2. Pendidikan Agama Islam ( S-I )
  3. Pendidikan Matematika  ( D-3 )
  4. Pendidikan Bahasa Inggris ( D-3 )
  5. Pendidikan Fisika ( D-3 )
  6. Pendidikan Biologi ( D-3 )
  7. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah ( D-2 )
  8. Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak Islam ( D-2)
  9. Pengembangan Masyarakat Islam ( S-1 )

Walaupun STAIDA Muhammadiyah sebagai perguruan tinggi baru, namun kehadiran lembaga ini  mendapat sambutan positif dari segenap lapisan masyarakat, karena merupakan jawaban tepat terhadap rekomendasi Muktamar Muhammadiyah ke-42 Aceh dan terhadap kebutuhan tenaga kependidikan Islam dan tenaga ahli bidang agama Islam.

Pada tahun 2007, program studi tarbiyah program Diploma sudah tidak ada dan tidak menerima mahasiswa baru sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Maka program studi yang ada tinggal dua yaitu  Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). Pada tahun 2009 STAIDA Muhammadiyah Garut membuka dan menerima mahasiswa baru untuk program studi Ekonomi Syari’ah.  Pada sisi penjaminan mutu eksternal ketiga program studi yang diselenggarakan telah terakreditasi BAN-PT dengan predikat B. Pada tahun 2015, STAIDA Muhammadiyah Garut kembali mendapat kepercayaan untuk membuka program studi baru sesuai dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5260 tahun 2015 tentang Izin Penyelenggaraan Program Sarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta tahun 2015 yaitu program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) S-1 dan Perbandingan Agama S-1.